Rabu, 07 Maret 2012

Sebuah Masalah


Walaupun seandainya ini melibatkan sesuatu yang sesederhana membuka botol saus tomat, mungkin sekali hari ini anda akan menghadapi sebuah masalah yang secara lebih realistis saya berikan sebagai sebuah kesempatan. Menangani dan memecahkan masalah merupakan bagian yang normal dari penghayatan hidup. Kita menghadapinya dari setiap segi yang bisa dipikirkan, sejak saat kita bangun tidur di pagi hari sampai kita naik ke tempat tidur di waktu malam.

Kehidupan yang dewasa dan sukses datang setelah kita belajar menangani kesempatan ini dengan cepat dan tanpa ribut-ribut sedapat mungkin. Eksekutif bisnis yang cerdas memindahkan kertas-kertas di meja tulisnya dengan cekatan, membuat keputusan final dengan cepat karena pengalaman bertahun-tahun dibalik setiap keputusannya. Ibu rumah tangga dengan tiga orang anak kecil di rumah menangani sejumlah kesempatan yang sangat bervariasi setiap jam dengan keahlian yang sama.

Pemecahan kesempatan menjadi bagian yang sangat penting dari tindakan kita sementara kita tumbuh semakin dewasa. Sesungguhnya, nilai kita bagi majikan dan bagi diri sendiri merupakan proporsi langsung dengan jumlah dan ukuran apa yang disebut masalah yang kita pecahkan setiap hari. Jadi kalau kesempatan timbul, bersyukurlah dan ambil waktu untuk menetapkannya dengan benar. Pelajarilah keahlian analisis cepat, dan ingat, kalau bukan karena “masalah” dalam bisnis anda, kedudukan anda mungkin tidak diperlukan sejak semula. Meratakan kerutan-kerutan merupakan tugas paling penting dalam setiap pekerjaan.

Langkah-langka Tindakan

1   1. Hari ini saya akan memandang masalah saya sebagai kesempatan dan menyadari bahwa saya bisa meningkatkan nilai saya dengan menjadi pemecah masalah.

2    2. Hari ini saya akan _________________________________________________________________
          _______________________________________________________________________________  



Pintu kesempatan bertanda “dorong” dan “tarik”.                                                    

Tidak ada komentar:

Pages